Selasa, 31 Januari 2017

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Selalu Bugar Setiap Hari

Anak-anak adalah rezeki terindah yang dianugerahkan kepada tuhan melalui hamba-hambanya. Perilakunya yang imut dan menggemaskan seringkali menjadi obat bagi segala kegundahan dan keletihan karena hanya dengan melihat keceriaannya saja sanggup membuat orang-orang tertular semangatnya. Oleh karena itu, kesehatan anak sangatlah penting bagi orang tua. Sebagai orang tua yang baik, anda tentunya akan selalu berusaha untuk membuat keceriaan tersebut bertahan lama. 

Namun, kita tak pernah tahu dimana dan dengan siapa anak-anak menghabiskan waktu bermainnya. Maka, tidak hanya cukup anda menyediakan kebutuhan materialnya saja melainkan kebutuhkan psikologis anak-anak anda. Terlebih umurnya yang terbilang muda akan membuat mereka tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar. Mereka akan memakan apa saja yang terlihat enak di depan mata tanpa memikirkan apakah gizinya terjaga. 
foto:merdeka.com
Mereka akan bermain dimana saja tanpa memikirkan apakah tempat bermainnya bersih dari kuman dan bakteri ataupun aman dari semua kendaraan beroda. Anda harus selektif dan memperhatikan anak-anak mulai dari kebiasaan kecil yang mereka lakukan. Jika anak terserang flu cepatlah beri pertolongan pertama yaitu obat flu khusus anak untuk menjaga kesehatan anak. Setelah itu, menyuruhnya beristirahat agar kondisi tubuh tetap stabil. 

Buatlah kreasi makanan yang akan menggugah selera makannya karena permasalahan orang tua yang sangat umum adalah masalah anak-anak nya yang sulit untuk di ajak makan. Perhatikan gizi pada setiap makanan yang anda buat. Biasakanlah anak untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menggosok gigi dan menggunakan sendok serta peralatan makan yang bersih. Selain itu, perhatikan pula setiap jajanan yang anak anda konsumsi di sekolahnya. 

Kebanyakan jajanan yang di jual para pedagang kaki lima seringkali tidak jelas kandungan gizinya. Tak sedikit pula pedagang nakal yang memakai segala cara termasuk bahan makanan tak layak konsumsi untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Belajar dari masalah ini, anda harus mengajarkan anak anda untuk selalu membawa bekal. Hal ini dilakukan demi kesehatan anak sehingga, tidak mudah sakit. 

Agar menarik, buatlah makanan yang disuka si kecil dengan beberapa hiasan ataupun kreasi makanan seperti berbentuk tokoh animasi kesayangannya atau buah-buahan kesukaannya. Jangan hanya berpaku pada satu jenis makanan saja, cobalah untuk berkeasi dengan makanan yang berbeda setiap harinya. Hal ini akan membuat buah hati anda betah dirumah untuk mencicipi masakan anda dan menguranginya untuk jajan sembarangan di sekolah. 

Dengan demikian kesehatan anak anda akan terjaga dengan baik karena orang tua hebat yang selalu mendukung di belakangnya.
Load disqus comments

0 komentar