Rabu, 29 Maret 2017

Ketahui Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah Rasulullah

Sebelum menjalankan ibadah umroh, kamu wajib mengetahui rukun umroh sesuai sunnah. Sehingga, dapat menjalankan semua urutan ibadah dengan baik secara tertib dan khusuk. Kamu pun perlu belajar untuk bagaimana melaksanakannya secara benar. Umumnya penyedia jasa umroh akan menuntun para jamaahnya melalui manasik umroh yang diadakan jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan umroh. 

Dalam manasik tersebut, kamu akan diberi tahu mengenai cara berniat dimana tempat niat yang tepat. Kamu juga akan diajari bacaan niat, talbiah dan bacaan yang tepat saat Thawaf dan semuanya tentang umroh. Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang tata cara umroh, simak ulasan berikut ini!
foto:menatahidup.com

Niat
Rukun umroh sesuai sunnah adalah niat yang dilakukan pada miqat yakni tempat berpakaian ihram kalau Jamaah Indonesia di Bir Ali. Atau boleh mengenakan pakaian ihram sejak tiba di Madinah, tapi niatnya tetap dilakukan di Bir Ali. Setelah sudah memakai ihram, dilanjutkan dengan shalat sunnah ihram 2 rakaat. Saat menggunakan pakaian ihrom, kamu tak boleh menyemprotkan parfum atau wnagi-wangian, mandi dengan sabun atau pasta gigi, berhubungan suami istri dan larangan lainnya. 

Membaca Talbiyah
Membaca Talbiyah di sepanjang perjalanan ke Makkah merupakan rukun umroh sesuai sunnah. Bacalah sebanyak-banyaknya dengan khusuk sambil memahami artinya di dalam hati. 

Thawaf
Selanjutnya melaksanakan thawaf yaitu mengeliling Ka’bah sebanyak 7 kali putaran. Dengan 3 kali pertama lari-lari kecil dan 4 putaran selanjutnya dengan berjalan biasa. Tempat mulainya dari pintu Ka’bah dan tanda lampu yang berada disisi masjid.
Saat kamu berada di batas ini melihatlah ke Ka’bah, sambil melambaikan tangan 3 kali dan mengucapkan bismillah, Allahu Akbar. Rukun umroh sesuai sunnah untuk memudahkan Thawaf bacalah do’a sapu jagad. Lalu, shalatlah 2 rakaat di depan maqam Ibrahim dan minumlah air zam-zam sebelum itu baca do’a terlebih dahulu. 

Sa’i
Lari-lari kecil dari Shofa ke Marwa dihitung 1 kali dan dari Marwa ke Shofa dihitung 2 dan seterusnya sampai 7 kali dan berakhir di Marwa. 

Tahallul
Selanjutnya melaksanakan Tahallul atau mencukur sebagian atau seluruh rambut. Kegiatan ini dilakukan saat sesudah sampai di Marwa pada putaran terakhir. Mencukur rambut berarti umroh sudah selesai. 

Nah, demikianlah rukun umroh sesuai sunnah. Dengan mengetahuinya kamu sudah mempunyai gambaran dan akhirnya saat berumroh kamu sudah lancar dan mampu melaksanakan serangkaian ibadah umroh dengan tertib.
Load disqus comments

0 komentar